Potensi Besar Bisnis Startup – Startup Di Indonesia

//Potensi Besar Bisnis Startup – Startup Di Indonesia

Potensi Besar Bisnis Startup – Startup Di Indonesia

Potensi bisnis Startup di Indonesia mendapat predikat ranking 5 besar di dunia (Sumber : Detikcom). Startup bisa diartikan sebagai perusahaan yang baru berkembang atau baru didirikan atas dasar pengembangan dan penelitian untuk menemukan market yang tepat. Perkembangan online shop sangat mengalami progres atau kenaikan (demand) permintaan sehingga (supply) penawaran diperlukan untuk mengatasinya.

Teori penawaran (supply) dan permintaan (demand) tersebut dalam ilmu ekonomi adalah menggambarkan atas hubungan yang terjadi antara penjual dan pembeli disuatu tempat atau yang kita kenal pada saat ini dengan istilah jual beli di platform Marketplace.

Marketplace bertumbuh seiring kemajuan dunia digital. Aplikasi online media sosial seperti Facebook, WhatsApp, Instagram maupun Website bisa dijadikan wadah atau fasilitas proses jual beli dari beberapa sistem online ataupun toko online.

Proses tumbuh berkembangnya perusahaan berbasis teknologi atau startup di Indonesia sangat meningkatkan lapangan pekerjaan, serta dapat memperkuat ekonomi lokal, devisa negara dari ekspor penggunaan produk lokal dan pajak.

Baca Juga : Bagaimana Kiat Jitu Mengembangkan Bisnis Online Berbagai Channel

Untuk di Indonesia perkembangan bisnis startup cukup bagus. Setiap tahunnya banyak para pelaku usaha startup (Founder dan CEO) bermunculan. Ditunjang pengguna internet dan aplikasi digital seperti smartphone, komputer (Laptop), tablet dan aplikasi media sosial semakin lama bertumbuh dari tahun ke tahun. Ini menjadi ladang basah atau momentum dan peluang bagi para pelaku bisnis startup.

Menurut Kemenristekdikti “Mohammad Nasir”, Berdasarkan catatannya atau catatan dari Kemenristekdikti “Masyarakat yang memulai atau pengajuan inovasi dan teknologi untuk membangun startup dapat mendorong peningkatan lapangan kerja hingga ekonomi suatu negara khususnya Indonesia”.

Adapun, Kemenristekdikti pada tahun 2015 telah membina sebanyak 52 startup , tahun 2016 sebanyak 203 startup, tahun 2017 sebanyak 661 startup, dan tahun 2018 sebanyak 956 startup, serta hingga saat ini tercatat startup binaan mencapai 1.307 startup.

Baca Juga : Bisnis Startup Unicorn & Decacorn Indonesia

Peningkatan tersebut bisa berpengaruh pada sistem pelayanan dan proses jual beli pada kemajuan dunia digital saat ini. Pengembangan bisnis online yang di prakarsai oleh startup di yakini akan mempengaruhi dampak berubahnya sistem tradisional ke sistem digital.

Masalah yang sering terjadi di sistem regulasi di Indonesia adalah selalu kalah cepat dibanding inovasi startup. Pemerintah cenderung bersikap lamban dan tidak terburu-buru dikarenakan umur inovasi startup itu sendiri terkesan pendek. Maka dibutuhkan bisnis jangka panjang untuk menunjang startup yang dibutuhkan kini bagi masyarakat.

Kemajuan startup di Indonesia sangat dirasakan oleh generasi saat ini. Maka diperlukan sistem atau media yang dapat mensupport potensi tersebut. Sistem Accurate Online dipercaya bisa mengatasi permasalahan berkembangnya potensi startup khusus untuk pencatatan dan pengelolaan sistem keuangan pada perusahaan startup di Indonesia.

By | 2019-04-12T03:06:20+00:00 April 11th, 2019|Artikel|0 Comments

About the Author:

Leave A Comment