Tips Persiapan Mudik Sebelum Hari Libur Lebaran

//Tips Persiapan Mudik Sebelum Hari Libur Lebaran

Tips Persiapan Mudik Sebelum Hari Libur Lebaran

Mudik sudah menjadi tradisi bagi masyarakat khususnya yang tinggal di Ibu Kota menjelang hari raya untuk pergi ke kampung halamannya masing-masing. Agenda mudik biasanya dimulai saat mendekati atau cuti bersama yang ditetapkan Pemerintah mengenai hari libur lebaran. Kegiatan tersebut sudah menjadi budaya untuk saling mengunjungi sanak saudara dan orang tua, saling bermaaf-maafan di momen hari raya lebaran.

Terlepas dari momentum mudik. Ada hal-hal yang harus kita perhatikan dan kita persiapkan dalam melaksanakan mudik. Proses ini harus kita lakukan jika kita tidak mau terjadi masalah pada saat melakukan perjalanan ke kampung halaman. Berikut tips persiapan mudik di antaranya yaitu :

1. Mengecek Kondisi Rumah

Biasanya para pemudik lupa pada saat rumah ditinggalkan untuk bepergian lama atau jauh. Listrik yang masih menyala, Kabel-kabel yang tidak tertata rapi, mesin air atau mematikan kran dan selang gas yang masih terpasang. Ini bisa menjadi pemicu masalah dan potensi terjadinya kebakaran. Lalu periksa semua pintu dan jendela rumah dalam keadaan baik dan bisa terkunci dengan baik. Sebelum berangkat atau bepergian mudik titipkan pesan dan kunci kepada RT setempat atau tetangga sekitar maupun petugas keamanan.

2. Membawa Barang-Barang Secukupnya

Pemudik biasanya akan membawa banyak barang bawaan atau oleh-oleh dari kampung halamannya ketimbang membawa barang dari rumahnya masing-masing. Maka membawa barang secukupnya menjadi alternatif yang baik sehingga pada saat pulang nanti tidak terlalu banyak beban barang bawaan yang dibawa pulang pada saat arus balik. Ini demi keamanan pemudik jika bepergian dengan akomodasi seperti transportasi umum.

3. Tiket Akomodasi

Persiapan tiket keberangkatan biasanya harus disiapakan jauh hari sebelum hari H melaksanakan mudik. Supaya tidak terjadi high season atau kelonjakan penumpang dan kehabisan tiket. Proses booking atau pesan tiket sudah bisa dilakukan secara online. Ini memudahkan bagi para pemudik memesan tiket seperti Bus, Kereta Api, Kapal Laut maupun Pesawat Terbang.

4. Cek Kondisi Kendaraan

Jika kita bepergian atau mudik dengan kendaraan bermotor seperti mobil atau motor. Hal yang harus kita persiapkan adalah cek kondisi mobil dan motor yang akan digunakan untuk melakukan perjalanan mudik. Untuk mobil atau motor bisa mengecek kondisi mesin dengan service berkala dibengkel mobil ataupun motor. Cek kondisi ban mobil atau motor masih layakkah digunakan untuk perjalanan jauh. Dan yang terakhir cek surat-surat kelengkapan seperti STNK dan SIM yang masih berlaku dan aktif untuk melakukan perjalanan dengan kendaraan bermotor.

5. Kondisi Kesehatan

Kondisi kesehatan bagi pemudik tak luput dari kita mempersiapkan perjalanan mudik. Khususnya jika pemudik memiliki penyakit khusus, Ini harus dikonsultasikan terlebih dahulu oleh dokter jika kita akan bepergian jauh. Dan bagi pengendara yang membawa mobil maupun motor khususnya pengemudi harus dalam keadaan sehat dan tidak mengantuk pada saat mengemudi.

6. Membawa Obat dan P3K Seperlunya 

Obat-obatan dan kelengkapan P3K dirasa perlu dibawa bagi pemudik. Dikarenakan kondisi kesehatan yang akan menurun pada saat perjalanan jauh. Dan biasanya pemudik masih melakukan ibadah puasa pada saat melakukan perjalanan.

7. Mencari Rute Alternatif 

Perjalanan mudik memang sangat melelahkan jika lokasi kampung halaman pemudik sangat jauh dari tempat tinggalnya. Mensiasati hal tersebut adalah dengan cara mencari rute alternatif maupun jalan tol yang sudah disediakan oleh pemerintah bagi pemudik. Terhubungnya atau terintegrasinya tol Trans Jawa (Sumber : wikipedia) memang sangat menjadi solusi bagi pemudik mencari rute alternatif demi menghindari kemacetan yang berlebihan. Karena memang sebagian besar total pemudik yang terbesar adalah dari daerah atau wilayah Jawa dan sekitarnya.

Itulah beberapa tips persiapan mudik yang bisa kita persiapkan untuk pulang ke kampung halaman masing-masing. Tidak lupa berdoa sebelum melakukan perjalanan agar selamat sampai tujuan. “Selamaaaat….mudik semuanyaaaa…..”

Baca Juga : Cara Meningkatkan Keuntungan Bisnis Ramadhan

 

 

 

By | 2019-05-21T03:46:23+00:00 May 20th, 2019|Artikel|0 Comments

About the Author:

Leave A Comment