Peranan Faktur Penjualan Dalam Sistem Akuntansi

/, Bisnis/Peranan Faktur Penjualan Dalam Sistem Akuntansi

Peranan Faktur Penjualan Dalam Sistem Akuntansi

Penerapan sistem penjualan pada siklus akuntansi memiliki peranan penting sehingga dikaitkan dengan fungsi faktur penjualan. Proses ini sangat bermanfaat bagi perusahaan.

Pemanfaatan tersebut sangatlah penting, Karena bisa mengetahui laporan penjualan yang dapat terintegrasi dengan laporan keuangan ataupun sistem pembukuan dalam akuntansi. 

Pengertian Faktur penjualan bagi sistem perpajakan adalah bukti tagihan yang dikeluarkan Pengusaha Kena Pajak (PKP) untuk konsumen atas pembelian sejumlah Barang/Jasa Kena Pajak (BKP/JKP). (Sumber : online-pajak.com)

Faktur penjualan dalam sistem akuntansi atau pembukuan adalah alat yang digunakan perusahaan untuk berkomunikasi dengan klien tentang jumlah dan waktu jatuh tempo sebagai imbalan atas barang yang telah dijual.

Dari informasi diatas harus mencakup tentang barang apa yang telah dibeli oleh pelanggan, jumlah yang telah ia beli, diskon yang telah diterimanya, dan jumlah total yang ia hutangkan.

Selain itu, faktur penjualan harus berisi ringkasan singkat tentang persyaratan transaksi, seperti jeda waktu yang dapat diterima antara penjualan dan pembayaran.

Oleh sebab itu faktur penjualan adalah alat penting untuk aspek penganggaran keuangan karena ini akan memberikan Anda informasi tentang berapa banyak pendapatan yang dapat di harapkan untuk datang selama periode mendatang.

Jika laporan faktur penjualan memiliki jumlah penjualan yang besar, akan masuk akal bagi pebisnis untuk merencanakan pembelian inventaris atau peningkatan modal (ekuitas).

Hal ini karena kemungkinan pebisnis akan segera menerima pendapatan dari faktur yang belum dibayar untuk membayar pengeluaran ini.

Proses dalam melacak piutang usaha memungkinkan Anda untuk menagih pembayaran kepada pelanggan secara efisien, dan memberikan informasi tentang apakah kekurangan arus kas berasal dari volume penjualan yang rendah atau pelanggan yang lambat membayar.

Cara membuat faktur penjualan dengan mudah dan cepat, Accurate Online sudah bisa untuk melacak faktur penjualan yang telah dibayarkan atau belum dibayar oleh klien Anda.

Accurate Online juga dapat mengetahui transaksi mana yang merupakan pendapatan yang masih perlu ditagihkan kepada pelanggan.

Laporan atau hasil inputan dari faktur penjualan pada akhirnya dapat terintegrasi dengan laporan keuangan. Dengan demikian peranan faktur penjualan sangat bermanfaat bagi suatu perusahaan.

Baca Juga : Cara Meningkatkan Omset Penjualan

By | 2019-07-31T03:25:27+00:00 July 29th, 2019|Artikel, Bisnis|0 Comments

About the Author:

Leave A Comment