Standard Operating Procedure (SOP)

/, Bisnis/Standard Operating Procedure (SOP)

Standard Operating Procedure (SOP)

Beberapa pemilik bisnis kesulitan memahami mengapa Standar Operasi Prosedur atau SOP diperlukan. Mereka sudah melatih karyawan mereka, jadi mengapa mereka perlu dokumen tertulis yang menguraikan prosesnya juga?

Ini seperti bertanya mengapa dokter memiliki daftar prosedur tertulis yang mereka ikuti sebelum melakukan operasi. Atau mengapa BPOM memiliki daftar prosedur tertulis tentang bagaimana restoran dapat menangani makanan.

Berikut adalah beberapa alasan perusahaan memerlukan Standar Operasi Prosedur (SOP) :

Hasil gambar untuk sop

1. Menghemat Waktu dan Biaya

Ketika tugas yang sama diselesaikan dengan berbagai cara berbeda, tentunya akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk diselesaikan. Memiliki SOP yang tepat dapat mempersingkat proses sehingga karyawan dapat mencapai lebih banyak hasil dalam waktu lebih sedikit.

2. Memberikan Konsistensi

Memiliki SOP yang yang benar dan diterapkan secara optimal memastikan bahwa proses bisnis diselesaikan dengan cara yang benar.

3. Meningkatkan Komunikasi

SOP membuat pekerjaan karyawan Anda lebih mudah karena mereka tidak lagi harus menebak bagaimana mereka harus melakukan pekerjaan mereka. Dan mereka tidak perlu mencoba memutar otak mereka untuk mengingat apa yang Anda katakan kepada mereka ketika mereka pertama kali dipekerjakan.

4. Memungkinkan Meminta Pertanggung Jawaban

Bagaimana Anda bisa mengevaluasi karyawan Anda jika Anda tidak memiliki standar tertulis? Tanpa standar yang jelas, evaluasi karyawan menjadi masalah pendapat pribadi, yang hampir tidak adil bagi setiap karyawan Anda.

5. Menciptakan Lingkungan Kerja Lebih Aman

Ketika karyawan melakukan tugas yang sama dengan cara yang sama sekali berbeda, hal ini tidak hanya tidak efisien bagi bisnis Anda namun juga merupakan sesuatu yang bisa saja sangat berbahaya. Standar operasional prosedur memastikan bahwa karyawan menjalankan fungsi pekerjaan mereka dengan aman dan konsisten.

Salah satu kesalahpahaman terbesar tentang prosedur operasi standar adalah masih banyak yang mengira bahwa SOP akan menyebabkan bisnis menjadi kaku dan tidak fleksibel. Sebuah artikel di Harvard Business Review menjelaskan  bahwa standar operasional prosedur yang diciptakan dengan benar  dan dapat diikuti karyawan dengan jelas akan  membuat bisnis lebih fleksibel.

Sekarang Anda tahu telah mengetahui standar operasional prosedur secara terperinci dan mengapa Anda membutuhkannya. Namun, Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana Anda bisa membuat sendiri dengan detail. Standar operasional prosedur memerlukan banyak perencanaan dan persiapan sebelum Anda bahkan dapat mulai menulisnya.

Kesimpulan

Standar operasional prosedur atau SOP adalah sebuah rincian yang berisi instruksi tertulis tentang cara melakukan kegiatan bisnis rutin. SOP harus mudah dibaca dan berisikan penjelasan yang detail dari proses yang akan dijalankan.

Penting untuk diingat bahwa standar operasional prosedur yang baik tidak fokus pada apa yang perlu dilakukan tetapi bagaimana hal itu harus dilakukan. Standar operasional prosedur adalah alat yang efektif yang harus dimiliki setiap bisnis.

Standar operasional prosedur atau SOP akan memberi Anda pemahaman yang lebih baik tentang proses bisnis Anda dan membantu Anda memutuskan bagaimana bisnis untuk maju. SOP akan memastikan bahwa semua karyawan melakukan proses bisnis dengan cara yang sama.

Memiliki standar operasional prosedur yang mendetail juga akan memberi Anda opsi untuk meningkatkan skala bisnis Anda dengan lebih cepat. Ini karena standar operasional prosedur memudahkan untuk mereplikasi proses ini di seluruh organisasi Anda.

 

 

By | 2019-10-07T06:58:03+00:00 October 7th, 2019|Artikel, Bisnis|0 Comments

About the Author:

Leave A Comment