Manfaat Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perdagangan Internasional

/, Bisnis/Manfaat Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perdagangan Internasional

Manfaat Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perdagangan Internasional

Perdagangan menjadi salah satu kegiatan yang terpenting dalam kehidupan manusia. Setiap harinya, perdagangan atau kegiatan dagang terjadi di berbagai tempat seperti, pasar, mall, pertokoan dan lain sebagainya. Namun perdagangan tidak sebatas itu saja, sekarang dikenal dengan perdagangan internasional.

Pada dasarnya, pengertian perdagangan internasional adalah sebuah kegiatan jual beli yang dilakukan dua pihak yang berbeda negara. Perdagangan ini bukan hanya melibatkan antar negara saja, pihak individu maupun perusahaan yang melakukan perdagangan dengan pihak dari negara lain juga disebut perdagangan internasional.

Sebuah perdagangan internasional dilakukan untuk memenuhi kebutuhan di suatu negara yang tidak tersedia di negara tersebut, tetapi ada di negara lain. Misalkan, negara Indonesia membutuhkan produk mesin, namun produk tersebut hanya tersedia di Jepang. Kedua negara tersebut nantinya bisa melakukan perdagangan internasional.

Perdagangan internasional terjadi atas dasar kebutuhan, jadi tidak sembarang perdagangan bisa terjadi. Kedua belah pihak yang melakukan perdagangan akan sama-sama mendapatkan untuk. Negara yang menjadi penyedia barang akan mendapat untung, sedangkan negara yang membeli akan terpenuhi kebutuhannya.

Manfaat Perdagangan Internasional

Pilihan Barang yang Variatif Untuk Konsumen

Perdagangan internasional membuat barang yang beredar di pasaran akan bervariasi. Ini memberikan konsumen pilihan untuk mendapatkan barang yang berkualitas dan benar-benar berguna.

Terbukanya Peluang Kerja

Perdagangan internasional membantu menghasilkan lebih banyak lapangan kerja melalui pembangunan industri-industri baru untuk memenuhi permintaan produk dari berbagai negara. Ini akan membantu negara-negara untuk menurunkan tingkat pengangguran mereka. Dengan hal ini, mereka yang belum mendapatkan pekerjaan, akan lebih mudah untuk mendapatkan hal tersebut.

Membuat Hubungan Baik Antar Negara

Dengan adanya perdagangan, manfaat yang akan didapat bukan hanya perihat perdagangan saja. Hubungan baik tentu akan dibuat oleh negara-negara yang berpartisipasi. Setelah itu, kerjasama-kerjasama lain bisa dijalankan oleh negara tersebut.

Mendorong Efisiensi dalam Produksi

Perdagangan internasional mendorong efisiensi dalam produksi karena berbagai negara akan berusaha meniru metode produksi yang lebih baik untuk menekan biaya agar tetap kompetitif. Negara-negara yang dapat menghasilkan produk dengan biaya serendah mungkin akan dapat memperoleh pangsa pasar yang tinggi dan mendapatkan keuntungan lebih besar.

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perdagangan Internasional

Inflasi

Jika tingkat inflasi suatu negara meningkat terhadap negara-negara tujuan perdagangannya, transaksi diperkirakan akan menurun, hal itu dianggap wajar. Konsumen dan perusahaan di negara itu kemungkinan besar akan membeli lebih banyak barang di luar negeri (karena inflasi lokal yang tinggi), sementara ekspor negara tersebut ke negara lain akan menurun.

Kebijakan Pemerintah

Pemerintahan di suatu negara dapat memiliki pengaruh besar pada neraca perdagangannya karena kebijakannya mengenai subsidi eksportir, pembatasan impor atau kurangnya penegakan hukum terhadap pembajakan. Hal itu jelas berpengaruh terhadap perdagangan internasional.

Subsidi untuk Eksportir

Pemerintah menawarkan subsidi kepada perusahaan-perusahaan lokal mereka, sehingga perusahaan-perusahaan tersebut dapat menghasilkan produk dengan biaya lebih rendah daripada pesaing mereka di tingkat internasional. Dengan demikian, permintaan ekspor yang diterima oleh perusahaan-perusahaan tersebut akan mengalami peningkatan.

Kebijakan seperti ini telah diterapkan di China, maka tidak heran jika produk-produk dari negara tersebut memiliki harga yang murah. Perusahaan-perusahaan disana mengeluarkan biaya operasi yang lebih rendah dan mampu memberi harga produk mereka lebih rendah, sehingga memungkinkan bagi mereka untuk memenangkan pasar internasional.

Kesimpulan

Di era globalisasi ini, perdagangan atau bisnis tidak lagi terbatas tempat dan waktu. Anda bisa melakukan perdagangan lintas negara untuk memasarkan produk Anda. Namun tentunya Anda juga harus memperhatikan tata cara dan hukum yang berlaku pada negara tujuan penjualan produk Anda.

Namun masalah yang sering terjadi adalah perbedaan mata uang, terutama dalam masalah pembukuan dan pencatatan transaksi bisnis Anda. Hal ini lumrah terjadi karena perdagangan antar negara biasanya menggunakan kurs berbeda dengan negara asal. Dalam pencatatan transaksi misalnya, untuk memasukan ke pembukuan Anda harus menghitung jumlah uangnya dan mencocokan dengan kurs terkini.

Anda akan menghabiskan banyak waktu dalam mencatat transaksi dengan perbedaan mata uang, belum lagi tugas membuat laporan keuangan dan juga perpajakan, dengan proses pembukuan manual pasti akan membutuhkan waktu yang sangat lama.

Dengan Accurate Online, membuat laporan keuangan dan perpajakan akan mudah dilakukan. Dengan fitur multi currency atau pencatatan transaksi dengan beberapa mata uang asing akan mempermudah Anda untuk mengontrol sistem transaksi khususnya pada perdagangan internasional.

Baca Juga : Membangun Suatu Bisnis Dengan Brand Atau Merk

By | 2019-11-01T08:07:48+00:00 November 1st, 2019|Artikel, Bisnis|0 Comments

About the Author:

Leave A Comment